Wednesday, September 30, 2009

Pakai Lux Meter untuk Pilih Lampu yang Tepat

Lux meter adalah alat untuk mengkur tingkat pencahayaan ruangan. Dengan alat ini, kita dapat mencegah pemborosan ketika akan memilih lampu. Dengan alat ini pula kita memiliki alasan yang tepat untuk mengganti lampu yang terlalu terang atau terlalu redup.


Biasanya, kita ingin mendapatkan kenyamanan dalam sebuah ruangan. Kenyamanan tersebut dapat ditentukan dari tingkat suhu dan tingkat pencahayaan yang kita harapkan. Bila suhu ruangan dapat kita ukur dengan termometer, maka tingkat pencahayaan dapat diukur dengan lux meter. Kebutuhan pencahayaan berbeda di setiap ruangan. Aktifitas dan pekerjaan yang dilakukan akan mempengaruhi kebutuhan pencahayaan ruangan.

Misalnya, kita hanya butuh cahaya yang untuk membaca, maka kita tidak perlu menyediakan cahaya yang dibutuhkan untuk menggambar arsitek. Namun, ruang baca membutuhkan tingkat pencahayaan lebih besar dibandingkan ruang tidur. Demikian halnya, ruang komputer membutuhkan tingkat pencahayaan lebih besar dari pada kamar mandi.Tujuan penggunaan lux meter adalah agar tingkat pencahayaan ruangan sesuai dengan fungsi ruangan. Fungsi ruangan yang dimaksud adalah jenis aktifitas yang dilakukan di dalam ruangan tersebut.Bila tingkat pencahayaan ruangan telah sesuai dengan fungsinya, dan ruangan tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup untuk suatu pekerjaan tertentu, berarti efisiensi energi untuk penerangan telah dicapai.Badan Standarisasi Nasional telah membuat standar tingkat pencahayaan rata-rata. Hal ini telah tertuang dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) nomor 03-6197-2000 tentang konservasi energi pada sistem pencahayaan. SNI tersebut menyebutkan tingkat pencahayaan yang dianjurkan untuk masing-masing fungsi ruangan.


Cara Penggunaan Lux Meter

Lux meter bekerja dengan sensor cahaya. Lux meter cukup diletakkan di atas meja kerja atau dipegang setinggi 75 cm di atas lantai. Layar penunjuknya akan menampilkan tingkat pencahayaan pada titik pengukuran. Setelah mendapatkan nilai pencahayaan ruangan tersebut, bandingkanlah nilai tersebut dengan standar yang tertera pada SNI di atas.Bila nilai tingkat pencahayaan ruangan jauh lebih tinggi dari standar, maka kita berpotensi untuk menghemat energi dengan cara mengganti lampu dengan daya listrik lebih rendah atau mematikan sebagian lampu ruangan yang ada.

Bia nilai tingkat pencahayaan ruangan jauh lebih rendah dari standar, maka sebaiknya kita mengganti lampu tersebut dengan lampu yang lebih terang.Lux meter akan memandu kita menentukan lampu yang tepat untuk dipasang pada setiap ruangan. Sehingga, dihasilkan tingkat pencahayaan yang sesuai standar. Tingkat pencahayaan yang sesuai standar akan menjaga kualitas pekerjaan serta kesehatan mata kita.

Comments :

0 komentar to “Pakai Lux Meter untuk Pilih Lampu yang Tepat”

Post a Comment

Blog Archive

Followers

 

Copyright © 2009 by General Affair